Cara Install windows jepang

(sumber : http://tadotsugakuen.blogspot.com yang di post oleh Yohan)

Kemaren pusing nieh nyari-nyari gimana yach biar windows xp sp2 ku bisa ngebaca karakter dalam tulisan jepang, ya hiragana, ya katakana, ya kanji……………………….. Setelah browsing selama beberapa menit aku dapet nieh artikelnya…………… dari http://tadotsugakuen.blogspot.com

sebelum memulai instalasi, yang perlu anda perhatikan adalah:

1. apakah komputer anda bisa membaca / mengenali karakter jepang (termasuk membuka website yang menggunakan bahasa jepang), namun tidak dapat menulis huruf jepang? atau
2. komputer anda sama sekali tidak bisa membuka materi / website berbahasa jepang, sehingga yang muncul adalah karakter kotak-kotak, atau kadang code yg tidak dapat dibaca.

jika komputer anda masuk golongan nomer 1, instalasi lebih mudah. tapi jika masuk ke golongan 2, yang perlu anda siapkan adalah CD installer windows XP apa saja (tidak harus XP jepang).

jika sudah kita mulai yah.

pertama-tama klik tombol start, lihat gambar (hehe klik start aja pake gambar XD), kemudian klik dada cewek ^^ control panel di menu

setelah itu, cari icon Date, Time, Language, and Regional Options, klik sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini.

setelah itu di bawah teks besar: Pick a task… klik Add other languages.
sebenarnya anda juga bisa klik via Regional and Language Options, tapi biar seragam, klik yang atas aja yah ^^

selanjutnya muncul tab Regional and Language Options seperti di atas pada jendela baru. klik Details…

ketika muncul tampilan baru seperti di atas, klik button Add… di kolom Installed services. teks EN English yang ada di situ mengindikasikan bahwa di komputer kita sekarang telah terinstal bahasa Inggris.

muncul jendela baru lagi. disini, karena kita akan menginstal bahasa jepang, maka carilah Japanese di Input Language. di kolom berikutnya, pilihkan cara input keyboard dengan Microsoft IME Standart 2002 (walaupun biasanya akan tetap terinstall 2 macam metode input)

*perhatian*

jika komputer anda belum dapat membaca karakter jepang sebelumnya. pada langkah ini, komputer akan meminta anda untuk memasukkan CD installer windows XP. masukan sesuai yg dia minta. jangan masukkan CD bokep atau yang lain karena ga akan bisa jalan ^o^

klik OK, sehingga tampilan di kolom Installed services akan bertambah dengan munculnya JP / Japanese kesana.
(dengan cara yang sama seperti di atas, anda dapat menambahkan pula karakter bahasa korea, arab, thailand, turki dsb ke komputer anda :D)

selanjutnya klik button Apply yang ada di bagian kanan bawah, sehingga button Language Bar di Preferences menjadi aktif (sebelumnya berwarna abu-abu).

udah? selanjutnya lagi, di Preferences klik Language Bar…

berilah centang pada tiga kolom yang muncul di atas. kalau perlu centang keempat-empatnya (baca option nomer 2, itu optional, enggak juga ga papa) lalu klik OK

jika sudah tutup sebuah tab dan jendela instalasi. apa sudah muncul language bar di sebelah kanan atas monitor screen anda? itulah papan bahasa yang kita instal tadi. jika belum muncul, berarti anda perlu merestart dulu komputer anda. setelah komputer hidup kembali, akan muncul language bar ini.
language bar bisa kita pindah2 posisinya, di atas, di bawah, mau tampilan besar, atau tampilan kecil (klik kanan, minimize) juga bisa.

gambar di atas adalah contoh language bar yang di minimize sehingga terletak di bawah.

yoshi, mission cleared \(^o^)/ kalau udah oke, berarti instalasi uda berhasil.

untuk berganti2 input karakter jepang atau inggris, anda tinggal mengubah indikator JP untuk Japanese, dan EN untuk english. tentang cara menulis / input karakter jepang, yah…. jya.

setelah kita selesai menginstal karakter jepang ke komputer kita, yang jadi masalah sekarang adalah bagaimana kita mulai menulis huruf jepang menggunakan komputer?

bagaimana cara menggunakan language bar di windows XP?

kalau minasan belum tahu, berikut ini adalah tutorial singkat tentang cara menulis karakter jepang menggunakan IME pad di windows XP.


yang pertama kali harus kita lakukan ada, mengubah input mode tulisan dari bahasa inggris menjadi bahasa jepang. caranya klik icon EN (english) dan ubah menjadi JP (japanese) setelah itu akan muncul model input yang aktif disamping gambar pena dan bulatan warna merah (saya ga ngerti ini gambar apa sebenernya, maaf saia belajar komputer ini otodidak, dan blm smpt kroscek XD) disampingnya, secara default akan muncul huruf A. ini menandakan bahwa mode input yang sekarang aktif adalah ROMAJI.

huruf A romaji / alfabet tersebut akan berganti2 dengan huruf A hiragana (あ), huruf A katakana (ア) dan sebagainya sesuai mode input yang aktif. agak susah yah? iya kalau baru pertama kali, nanti akan terbiasa kok.

nah, untuk mulai menulis huruf jepang, misalnya menulis hiragana, klik huruf A dan pilih HIRAGANA (H). model input ini dipakai untuk menulis huruf hiragana dan kanji.

karena model input yang kita pilih pada waktu instalasi adalah normal, maka model pengetikannya sama dengan model barat.

untuk menulis わたし kita tinggal mengetik key w, a, t, a, s, h, i, dst…. jika huruf yang diinginkan sudah muncul tekan tombol ENTER.

nah, lalu gimana cara menulis kanji dari WATASHI? hhmmm…. begini. anda lihat gambar di atas. ketika kita mengetikkan huruf w, a, t, a, s, h, i, sebelum di tekan ENTER pada keyboard, maka di bawah huruf わたし akan muncul garis bawah.

jika kita ingin memunculkan huruf kanji dari kata yang bergaris bawah kita tinggal menekan key SPASI / space bar. kata わたし ketika kita menekan spasi, akan berganti menjadi 私. jika kita menekan spasi sekali lagi maka akan muncul semua huruf yang berbunyi “watashi” either hiragana, kanji dan katakana. dalam kasus ini muncul juga huruf lain 渡し dan ワタシ.


yang perlu kita ingat, karena beda kanji beda pula artinya, maka ketika kita menekan spasi, usahakan untuk memastikan kanji yang muncul benar-benar kanji yang kita inginkan.
IME pada umumnya akan memunculkan kanji yang paling sering dipakai, ketika kita menekan satu spasi. jadi mohon berhati-hati, jangan sampai salah huruf. (walaupun cara bacanya sama ^^ tapi artinya beda)

setelah muncul kanji yang kita inginkan, baru tekanlah ENTER. tips: untuk anda yang baru mulai belajar menulis jepang menggunakan komputer dan ingin memunculkan kanji, selalu tekanlah spasi per kata. kadang jika kita menyambung beberapa kata, dan baru menekan spasi, akan muncul variabel kanji yang berbeda, dan mungkin kanji yang kita cari malah tidak muncul di pilihan, ketika kita menekan spasi dua kali.

mode input yang kedua adalah KATAKANA. cara mengubah mode inputnya sama dengan hiragana, klik huruf A dan ganti dengan KATAKANA (K).

IME mempunyai dua macam huruf KATAKANA, yaitu zenkaku KATAKANA (K) dan hankaku KATAKANA (A)

zenkaku berarti besar huruf yang ditampilkan adalah normal (lihat gambar, teks berwarna pink adalah zenkaku), sedangkan hankaku berarti besar huruf yang muncul adalah separuh huruf normal (lihat teks warna oranye di atas). yang stardar dipakai untuk menulis dokumen biasanya adalah zenkaku KATAKANA (K).

yang terakhir, kita juga bisa mengubah mode input menjadi romaji kembali. ada tiga macam mode input romaji di IME, untuk pemula cukup pakai yang paling bawah saja (di atas cancel / キャンセル)
nah, dari situ kita berarti sudah bisa menuliskan teks romaji, hiragana, katakana bahkan kanji menggunakan IME pad windows XP. coba dilatih terus yah. pertama kali akan terasa ribet, tapi lama2 akan terbiasa.

language bar ini tidak cuma bisa dipakai di word, tapi bisa dipakai juga untuk input di internet explorer, memberi nama file dsb.

oh iya, ngomong-ngomong tentang microsoft word, ketika kita install karakter jepang, word punya fitur tambahan. salah satunya adalah phonetic guide yang berfungsi untuk memunculkan FURIGANA pada kanji.

apa itu FURIGANA? furigana adalah teks hiragana yang terletak di atas kanji, dan berfungsi untuk menunjukkan cara baca kanji di bawahnya.

untuk memunculkan furigana / cara basa kanji. pertama kali yang harus dilakukan adalah, seleksi / blok kanji yang diinginkan. kemudian klik icon phonetic guide di toolbar (lihat contoh). jika belum ada, anda bisa menambahkan icon ini dengan cara yang sama seperti ketika anda menambahkan icon lain ke toolbar word.

akan muncul tab dialog. biasanya cara baca akan muncul secara otomatis. jika dirasa perlu anda juga dapat mengatur besar huruf, jenis huruf dan jarak dengan kanji di bawahnya. jika sudah klik OK. ingat: pada beberapa kasus -walaupun sedikit- kadang furigana yang muncul berbeda dengan cara baca yang benar, atau bahkan kadang tidak muncul sama sekali. go chuui kudasai ^^
setelah di klik OK, maka kanji yang kita seleksi tadi telah mempunyai cara baca hiragana nya di atas.

satu lagi, untuk anda yang berlevel menengah ^^ kadang, anda melihat sebuah tulisan menggunakan kanji, anda penasaran, tapi tidak tahu cara bacanya apa, dan anda ingin menulisnya ke dalam microsoft word / program lain.

jangan kuatir. IME mempunyai satu fitur lagi bernama TEGAKI / handwriting. lihat iconnya di gambar yah ^^

misalnya kita melihat kanji yang kita tidak tahu cara bacanya. tinggal ditulis di kolom yang tersedia, dan disampingnya akan segera muncul kanji yang mirip dengan yang kita gambar. yang perlu diperhatikan adalah, sebisa mungkin kanji yang kita tulis mirip dengan aslinya, dan urutan penulisannya kalau bisa harus benar ^^ setelah kanji yang diinginkan muncul ke dalam dokumen tinggal kita cari cara bacanya seperti langkah yang sebelumnya tadi.

yang terakhir sekedar omake untuk input nihongo lewat keyboard standar inggris, anda bisa lihat di tabel di atas. jya, yattemimashou.

Semoga artikel yang kutemukan ini membantu……………… Oya klo mau tau lebih jauh tentang segala hal tentang jepang gabung aja ke http://tadotsugakuen.blogspot.com

“Ganbatte Kudasai”

30 thoughts on “Cara Install windows jepang

  1. ファリデ "farid' says:

    please help me..

    soft ware jepang ga bisa install di komputer ku
    padahal dah setting japan languages n berhasil
    tapi pas mo instal soft ware mp3 sony produtcs jepang ga support…
    kenapa ya ada yang bisa bantu ???
    please help me

    “domo arigatou gozaimasu”

  2. ファリデ "farid' says:

    help….
    sy instal soft ware mp3 sony jepang
    tapi komputer ga support language
    padahal dah setting seperti petunjuk di atas
    why…???

    please help me

    “dommo arigatou gozaimasu”

  3. Rangga says:

    Menurut pengalaman saya, ya walaupun belom banyak. Jika sytem operasi diubah maka software ato lagu atao apaun yang mengandung karakter bahasa tersebut akan ngikut aja mas. Contohnya misal lagu alice nine judulnya pake kanji, jika diliat di winamp yang komputernya gak terinstall karakter jepang maka tulisannya akan kotak alias gak terbaca dan akan terbaca bila komputer tersebut sudah terinstall karakter jepang. Duh kayaknya menantang juga kasusnya ya……………..?? Ntar saya cari bantuan ya….. Sabar mas

  4. fizata says:

    tolong dong,,,, cd windows xp itu dptnya dr mn c??? comp qw g bs2 bc tulisan jpng nih,, plis jwb y lwt e-mail qw aj.thx…………..

  5. kin_iro says:

    tolong dong gimana nih! sudah saya cek ternyata ga’ ada japanese japanese gitu .

    nuhun,

  6. tolong dong..gi mana sih mau installkn balik microsoft word gue..nggak ngerti deh gue..pless….eply me early k…

    Rangga Says : Maksudnya apa? Itu maksudnya hilang Microsoft office_nya ato Microsoft officenya kacau. Yo wis langkah pertama tenang. Ya tinggal sediain software MS office 2003 ato 2007. Trus Uninstall aja office yang lama trus ya install lagi aja pake MS office 2003 ato 2007. Pilih aja salah satu kalo masih bingung enakan pake MS Office 2003 aja. Klo masih bingung e-mail lagi aja ya…………….

  7. dawiecool says:

    thanks bro buat tutorial nya…
    ku coba dulu deh

  8. fikri says:

    tolong dong….gimana cara instal tulisan arab

    sama aja caranya cuman waktu pilih bahasnya pilih aja yang arabic

  9. ZEMLENK says:

    簸たし たかえむら 氏 こば

  10. eirhamdi says:

    Gimana yah, kalo windows XP SP2 nggak ada Setting Regional Language, dii control panel nggak ada tuh, bingung nyarinya! Bantu Dong!
    Yo-Arigatou Gozaimasu!

  11. Rangga says:

    misalnya gak ada mungkin windowsnya rusak kali……….. Setahu saya semua versi windows itu pasti ada setting regional language_nya…………………..

  12. warshi.........to says:

    thanks……
    dah berhasik neh instalasinya,,

    la sekarang permasalahannya!!!

    gymana neh cara wa tau n mahir bahasa jepang,,,
    pusing wa nyang ini tulisannya apa??
    nyang ini bacanya gimana??
    kacaw brur…..

    hehehehehe………

  13. Rangga says:

    Salam kenal nieh bro…….satu cara yang pasti…………… ya belajar bahasa jepang bro……….. gw aja baru belajar……….. ehh istirahaat beberapa bulan dah ngeblank lagi nieh………. kudu belajar lagi nieh……

    selamat belajar neih…………

  14. ab1mz says:

    ありがとうございます。この テュトリアル が いいです。 

  15. Rangga says:

    @ ab1mz : waduh kayaknya jagoan mas ab1mz bahasa jepangnya ya, douitasimasite (どういたしまして)…….

    Terima kasih udah mampir ke blog saya…….

  16. talluroda says:

    ada yg bisa kasih info printer yg cocok digunakan di windows jepang ?
    beberapa type yg saya coba, gak bisa instal drivernya.

  17. sil says:

    gimana caranya instal windows yang aslinya bahasa jepang,,???

  18. Rangga says:

    @ sil : ya kalo mau bahasa aslinya bahasa aslinya bahasa jepang ya yang harus kamu lakukan adalah menghinstallnya dengan windows xp yang versi jepang tentunya……

  19. taja ellysa says:

    あなた どこに?
    ほんとに ありがと
    kbetulan aku suka ma anime jpng, jd bahasanya jg aku suka meskipun baru bisa hiragana doank. Well…, makasih untuk artikelny. bahasa dan penjelasannya ga ngerumitin. じゃ また

  20. Rangga says:

    Terima kasih sudah ngunjungin blog_ku ya….. Iya ini artikelnya aku dapet dari tadotsugakuen.blogspot.com , kamu bs kunjungin blog itu jg kalo mau belajar lebih banyak tentang jepang…

  21. Rangga says:

    ya langsung aja install kayak biasa….. apa yang jadi masalah ya….???

  22. Adheddesk says:

    Hello!

    How is everyone? I am new here!

    Bye For Now!!!

    Miss Vernon
    ~ Website.ws Review

  23. wrorupMople says:

    How’s things,

    How is everybody? I’m newer here!

    Bye for now!!!

    Athena
    Find A Puppy

  24. master-it- says:

    Mas,, klo di Mac Leopard tw g?,,

    Rangga : Maaf mas kalo leopard ane gak tau juga, tapi ada temen ane bisa dia tulis maupun baca jepang

  25. Alfine says:

    komp sya udh bsa bca bhasa jpang, tpi pas di add di Installed services, gk ada japanesenya.. tolong d jwb lwat email y. tnx..

    Rangga : setau saya sih langsung muncul, mas

  26. ugi says:

    saya punya laptop toshiba karakter keyboardnya huruf jepang, nah diinstal office 2003. Tp beberapa simbol penempatanya, apa ada program. Ato hrs pake office 2003 versi jepan?

  27. Rangga says:

    @ugi : maaf mas, maksudnya ini toshibanya dari jepang ya…??? kalo yang saya install ini gak ada huruf jepang di keyboardnya….oya pake OS_nya apa ya, mas kalo boleh tau???

  28. Diah says:

    uaaa bole minta toloong?? komputer ku ga bisa masukin CD dan ga punya CDnya T__T jikalau harus mendownload sesuatu~ harus donwload apa yah? makasi X3

  29. Rangga says:

    Maksudnya gimana? Kalo gak ada cd rom, bs memanfaatkan flashdisk buat insallernya, caranya di google banyak kok, emang komputernya udah bundling windows dari belinya ya??

  30. Rangga says:

    Download aja di indowebster, download windows xp, ini linknya http://adf.ly/EZYs2, oya tapi harus daftar dl untuk jadi anggota do indowebster

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s